Jurnal refleksi minggu 3
segmentasi,targeting dan posisioning
segmentasi,targeting dan posisioning
Dalam minggu ke 3 ini saya berbagi sedikit tentang segmentasi pasar, sesuai dengan materi yang di berikan oleh UCEO dalam setrategi pemasaran hususnya STP (segmentasi, targeting, posisioning)
Pada dasarnya, segmentasi pasar adalah proses membagi pasar keseluruhan suatu produk atau jasa ke dalam beberapa segmen. Dengan melakukan segmentasi pasar, pemasaran akan lebih terarah dan efektif sehingga dapat memberikan kepuasan kepada konsumen.
2. PsikografisSegmentasi ini dilakukan dengan membagi pasar ke dalam kelompok-kelompok yang berlainan menurut kelas sosial, gaya hidup, kepribadian, latar belakang, dan lain-lain. Informasi demografis sangat berguna, tetapi tidak selalu menyediakan informasi yang cukup untuk membagi konsumen ke dalam segmen-segmen, sehingga diperlukan segmen berdasarkan psikografis untuk lebih memahami karakteristik konsumen.
Targeting Pasar
Targeting adalah membidik target market yang telah kita pilih dalam analisa segmentasi pasar. Dalam hal ini tentu saja serangkaian program pemasaran yang dilakukan harus pas dengan karakteristik pasar sasaran yang hendak kita tuju.Langkah dalam mengembangkan targeting yaitu :
1. Mengevaluasi daya tarik masing-masing segmen dengan menggunakan variable-variabel yang dapat mengkuantifikasi kemungkinan permintaan dari setiap segmen, biaya melayani setiap segmen, dan kesesuaian antara kompetensi inti perusahaan dan peluang pasar sasaran.
2. Memilih satu atau lebih segmen sasaran yang ingin dilayani berdasarkan potensi laba segmen tersebut dan kesesuaiannya dengan strategi perusahaan.**
Positioning
Makna posisioning sendiri adalah mencari ‘posisi’ di dalam pasar, langkah ini dilakukan setelah menentukan strategi segmentasi yang dipakai. Dengan kata lain positioning adalah suatu tindakan atau langkah-langkah dari produsen untuk mendesain citra perusahaan dan penawaran nilai dimana konsumen didalam suatu segmen tertentu mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu segmen tertentu, mengerti dan menghargai apa yang dilakukan suatu perusahaan, dibandingkan dengan pesaingnya.......
saya coba akan mengambil produk sepeda motor yamaha dalam Analisis STP (Segmenting, Targeting dan Positioning)
Yaitu : Yamaha VIXION dan Matic Yamaha MIO
1.yamaha Vixion
VIXION merupakan produk sepeda motor yang di keluarkan oleh perusahaan yamaha,dimana dalam kurun waktu 7 tahun ini yamaha vixion dapat terjual hingga 1 juta unit,ini dikarenakan yamaha vixion mempunyai keunggulan yakni fuel injection serta berpendingin cairan. Yamaha vixion ini mempunyai 3 jenis warna yaitu : warna merah,hitam dan putih..
Segmenting :
Untuk segmentasi geografis yamaha VIXION tidak menentukan wilayah sasaran mana yang akan jadi sasaran tetapi sasaran yang dilakukan ialah menyebar yaitu melayani semua segmen pasar.
Untuk segmentasi geografis yamaha VIXION tidak menentukan wilayah sasaran mana yang akan jadi sasaran tetapi sasaran yang dilakukan ialah menyebar yaitu melayani semua segmen pasar.
Untuk segmentasi demografis, pemasaran yamaha VIXION ditujukan untuk semua kalangan mulai dari kalangan atas hingga bawah.
Untuk segmentasi psikografis.yamaha VIXION untuk kalangan yang lebih menyukai tantangan khususna kaum pria.
Untuk segmentasi perilaku Yamaha VIXION sangat tangguh,lincah dan bermanfaat untuk perjalanan jauh.
Targeting :
Target penjualan yamaha VIXION ialah untuk konsumen semua umur baik dari kalangan bawah sampai atas. Mulai dari remaja,dewasa, dan siapapun yang menginginkanya.
Target penjualan yamaha VIXION ialah untuk konsumen semua umur baik dari kalangan bawah sampai atas. Mulai dari remaja,dewasa, dan siapapun yang menginginkanya.
Positioning :
Dari contoh produk yang tersedia, yamaha VIXION memberikan banyak manfaat bagi yang menggunakannya dan lebih unggul dari produk-produk sepeda motor yang lain. Dengan harga yang terjangkau 21.500.000,-/unit dapat menarik minat konsumen untuk membeli yamaha VIXION ini..
Dari contoh produk yang tersedia, yamaha VIXION memberikan banyak manfaat bagi yang menggunakannya dan lebih unggul dari produk-produk sepeda motor yang lain. Dengan harga yang terjangkau 21.500.000,-/unit dapat menarik minat konsumen untuk membeli yamaha VIXION ini..
.2. Yamaha Matic Mio
Analisis STP dari produk motor matic Yamaha Mio:
Segmenting
Produk motor matic Yamaha Mio ini memiliki segmentasi pasar tertentu.
Untuk segmentasi geografis yamaha Matic Mio tidak menentukan wilayah sasaran mana yang akan jadi sasaran tetapi sasaran yang dilakukan ialah menyebar yaitu melayani semua segmen pasar
Untuk segmentasi demografinya, pada awalnya Yamaha Matic Mio disegmentasikan untuk pengguna motor wanita muda. Kemudian segmentasinya pun meluas tidak hanya pada konsumen wanita tetapi juga konsumen pria.
Untuk segmentasi psikografis.yamaha Matic Mio di gunakan untuk kalangan yang lebih menyukai perjalanan yang santai dan teknologi matic.
Untuk segmentasi perilaku Yamaha Matic Mio sangat irit,gesit,santai dan bermanfaat untuk untuk membawa barang karena punya bagasi yang cukup luas.
Targeting
Produk motor matic Yamaha Mio ini ditargetkan untuk kalangan wanita dan pria muda yang menyukai jenis motor yang menggunakan teknologi matic, yang mengutamakan kenyamanan berkendara karena tanpa menggunakan gigi tansmisi.
Positioning
Produk motor matic Yamaha Mio ini sebagai pioner motor matic di Indonesia. Selain itu juga adanya beberapa inovasi terhadap teknologi matic seperti desain yang sporty dan kinerja mesin yang lebih bertenaga.
salam entrepreneur
No comments:
Post a Comment