Thursday, July 24, 2014

JR# Minggu 2 Analisis SWOT


  Analisis SWOT

    Tugas modul ke-2 ini  lebih menantang bagi saya. Dengan sebutan kerennya  Teori SWOT. Apa ya SWOT itu? Ternyata itu adalah singkatan dari bahasa Inggris yang memang menjadi kunci keberhasilan suatu usaha. Paling tidak sebagai pengusaha harus menguasainya, apapun usahanya!
   Dalam lokasi usaha , sangat mempengaruhi kesuksesan dalam usaha. Misalnya saja kita ambil contoh seorang usaha menjual baju dengan sasaran pasar anak muda yang sedang kongkow di alun-alun, tempat yang sangat ramai dimalam hari dibandingkan dengan usaha yang sama yang berlokasi di pinggiran desa, dimana warganya jarang berkumpul diluar dimalam hari. Sangat tidak relevan bukan ? Jadi, Lokasi memiliki kontribusi dan faktor penting dalam sebuah usaha.
   Analisa SWOT adalah metode perencanaan strategis dalam menganalisa S ( strange ) W ( weaknesess ), O ( opportunity ), T ( threat  ) suatu usaha. Analisa ini meliputi 2 faktor, yaitu faktor internal SW ( kekuatan, kelemahan ) dan faktor eksternal OT ( peluang, ancaman ) keduanya bertujuan agar memberikan hasil maksimal dalam suatu usaha.
   Di sini saya coba menganalisa SWOT usaha penyewaan mobil.  Untuk lebih akrab dan mudah mempelajari SWOT, mari kita coba mulai dengan identifikasi apa saja yang termasuk dalam kekuatan dan kelemahan di internal, peluang serta ancaman yang terdapat di ekternal (lingkungan).

Internal
Strengths
1. Resiko yang dapat ditanggung sudah terukur.
2. Banyak variasi tawaran harga sewa.
3. Fleksibel waktu pengiriman dan pengembalian armada.
4. Kerjasama dengan travel agent.

Weakness
1. Armada terbatas.
2. Driver terbatas.
3. Untuk kalangan terbatas.

Externals
Opportunities
1. Adanya kepeluan sewa mobil dari sesama teman atau turis yang berasal dari Indonesia.
2. Adanya permintaan melayani rombongan tur KL untuk turis Indonesia.

Threats
1. Usaha mudah ditiru.
2. Bersaing dengan alat transportasi umum.

Setelah mengetahui faktor-faktor kekuatan dan kelemahan, serta faktor-faktor peluang serta ancama dari luar (lingkungan), biasanya kita sudah bisa menarik benang merah untuk memulai usaha yang belum ada dan mengembangkan usaha yang sudah ada, misalnya :

1. Disaat ada teman lain yang mengikuti usaha ini, maka kerjasama yang sudah terjalin dengan pihak travel agent menjadikan kita memiliki layanan tambahan yang dapat diatawarkan, dimana pemain baru masih seputar penyewaan MPV.

2. Fkleksibilitas waktu, kenyamanan kendaraan pribadi, tentu mengatasi waktu operasional angkutan umum yang terbatas.

3. Faktor-faktor yang menjadi kelemahan dapat teratasi dengan adanya perjanjian kerjasama dengan pemilik travel agent dan mempekerjakan mahasiswa sebagai part time driver untuk mengemudikan armada 4-7 tempat duduk.

Ternyata belajar analisa SWOT menarik dan berguna untuk kita dapat menghasilkan suatu keputusan.

Selamat menganalisa dan semoga menghasilkan keputusan yang terbaik.
salam entrepreneur

No comments:

Post a Comment