Tuesday, July 15, 2014

Minggu ke-1 Analisis 3C

ANALISIS 3C

Banyak pengusaha yang baru mulai usahanya tidak memperhatikan atau tidak menitik beratkan 3C. Apalagi bila toko atau restoran itu menjadi ramai atau laris. usaha  mereka menjadi out of control. Mungkn ini karena belum dibuatnya sebuah sistem atau kurang mengertinya sang pemilik.
Dalam minggu pertama ini saya baru mengetahui apa itu analisis 3C. Apa itu 3C?

3C adalah :
- Customers atau pelanggan
-  Company atau perusahaan
Competitors atau pesaing

Di dalam strategi pemasaran kita harus membedakan antara strategi pemasaran  dg manajemen pemasaran karena pengertian strategi dari bahasa yunani adalah STRATEGOS artinya general,jadi sebuah keputusan yang sifatnya  menyeluruh  dan berorientasi ke masa depan.  Dalam strategi pemasaran, lebih banyak membicarakan tentangg pelanggan. maka kita harus mencoba untukn menjawab pada hati kita bahwa:

- Siapa pelanggan kita.
- Apa yang di butuhkan pelanggan
- Apa keinginana pelanggan.
  
Sebuah usaha bisa tercipta karena adanya Costumers atau pelanggan, lalu siapa itu pelanggan? Customers adalah pelanggan. Artinya, orang-orang yang membeli produk atau jasa kita. Di luar sana banyak sekali orang yang mungkin akan membeli produk kita. Mereka adalah potential market, tapi belum menjadi customer kita, atau bisa disebut sebagai potential customes. Seorang customes itu adalah mereka yang memebeli dan kita sebagai seorang entrepreneur tahu bahwa apa yang kita lakukan itu haruslah memberikan solusi dari masalah yang dihadapi customers kita.
Company atau perusahaan amat penting di  perhatikan   di dalam hal marketing.Karena marketing bukan hanya menjual produk atau jasa, tetapi ini juga harus melihat bagaimana perusahaan kita itu bisa secara strategik memenangkan persaingan maupun memperoleh margin yang cukup baik sehingga kita bisa memperolah laba yang signifikan. untuk menganalisis competitor adalah buatlah hal yang berbeda, bisa dari keunikan atau kreativitas.
ada empat jenis-jenis perusahaan:
- Pemimpin pasar adalah mereka yang menguasai pangsa pasar besar.
- Penantang, penantang ini selalu berusaha ingin mengalahkan supaya dia menjadi yang    nomor satu.
- Pengikut,Pengikut ini tidak mau jadi penantang.
perusahaan yang bermain di pasar ceruk atau niche market. Mereka benar-benar tidak melawan sang juara.misal Harley davidson.
 Untuk meng Implementasikan produk dengan 3C dalam memasarkan produk, ada tiga cara untuk memasarkannya,yaitu Features,Advantage, dan Benefit. atau di singkat FAB.

- Features artinya karekteristik, spesifikasi dari produk atau jasa
Advantage atau keunggulan.( apa keunggulan produk anda?)
 Benefit atau manfaat. (manfaat apa yang di rasa oleh pelanggan?)

salam entrepreneur

No comments:

Post a Comment